Pelaksanaan Pilkades Natuna Serentak 27 November 2016 Mendatang

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) digelar serentak di wilayah Kabupaten Natuna. Pelaksanaan Pilkades serentak dilaksanakan pada tanggal 27 November 2016.

Bupati Natuna, H.Hamid Rizal berharap pilkades serentak berlangsung jujur, adil dan damai demi tingginya partisipasi masyarakat Natuna.

”Saya mengharapkan peran serta dan kerjasama yang baik antara setiap stakeholders untuk menyikapi permasalahan yang akan dihadapi dan mencari solusi yang terbaik untuk menjawab tantangan tersebut serta tetap menjaga ketenangan dan kedamaian daerah yang kita cintai ini,” kata Hamid Rizal Kepada Waratakepri.co.id.kemarin.

Hamid juga meminta kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) agar para calon kepala desa menandatangani pakta integritas.

”Para calon kepala desa harus menandatangani pakta integritas agar memiliki kesamaan pemikiran dan pemahaman untuk bersama-sama pemerintah kabupaten menjalankan program pemerintah Kesinambung,” tambah Hamid.

Menurut dia, penandatangan pakta integritas bukan hanya sekedar simbolis atau formalitas, namun harus diimplementasikan dengan baik sehingga menghasilkan pelaksanaan pilkades yang berkualitas.

Hamid menambahkan, anggaran desa tahun ini dan tahun akan datang meningkat sehingga diperlukan sosok kepala desa (kades) yang berkompeten dan berpikir untuk kepentingan desa dan rakyat dipimpinnya.Tutupnya.

Tempat Terpisah,Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Natuna Indra Joni, menuturkan, pada gelombang pertama, Pilkades serentak diikuti oleh 29 desa yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Natuna.

”Jumlah calon kepala desa ikut Pilkades setiap desanya tidak lebih dari 3 calon. Sekarang sudah memasuki tahap penetapan nomor urut calon kepala desa,” ungkap kata Indra Joni,Berapa Waktu lalu. di Ranai Natuna.

”29 desa tersebut akan melaksanakan pemilihan kepala desa tanggal 27 November 2016. Adapun persiapan pelaksanaan beserta logistik Pilkades sepenuhnya di tangani oleh masing-masing desa,” ungkapnya.

Selama persiapan, kata Indra Joni, pihaknya terus memantau setiap tahapan pelaksanaan tersebut. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya kendala yang dihadapi panitia Pilkades.

Pada gelombang pertama, 29 desa akan memilih pemimpin baru secara bersamaan pada tanggal 27 November tahun 2016 ini.Sebelumnya, telah dilaksanakan pendapaftaran calon kepala desa pada tanggal 12 – 20 Oktober. Dari pantauan media ini, calon kades di masing-masing desa tidak lebih dari tiga orang.

Dari 15 kecamatan yang ada di Natuna, tahap pertama ini akan dilaksanakan Pilkades sedikitnya di 9 kecamatan, diantaranya Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran selatan, Bunguran Batubi, Serasan, Bunguran Utara, Pulau Tiga, Subi, Bunguran Tengah.

Adapun desa berpartisipasi mengikuti Pilkades diantaranya, Desa Sebelat, Air Putih, Batu Belanak, Air Kumpai, Mekar Jaya, Semedang, Kampung Hilir, Tanjung Setelung, Sungai Ulu, Sepempang, Kelarik, Belakang Gunung, Gunung Durian, Seluan Barat, Subi Besar, Meliah, Pulau Kerdau, Subi Besar Timur, Meliah Selatan, Kadur, Selading, Ceruk, Selemam, Harapan Jaya, Cemaga Tengah, Arung Ayam, Payak, dan Air Ringau.

“Sejauh ini belum ada kendala, pendanaan sudah aman, setiap desa kita bantu Rp.10 juta ditambah anggaran desa yang sudah disiapkan masing-masing desa,” tutupnya.(rikyrinov)

Sumber: https://www.wartakepri.co.id/2016/11/24/pelaksanaan-pilkades-natuna-serentak-27-november-2016-mendatang/