Sosialisasi Pengelolaan Hutan Desa (HD) dan Verifikasi Usulan Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Desa Mekar Jaya

DESA MEKAR JAYAKIM Mekar Jaya. Salah satu kebijakan penting yang dapat menjadi cermin kemauan pemerintah mengembalikan masyarakat desa sebagai aktor utama pembangunan kehutanan adalah kebijakan Hutan Desa (HD). Melalui program ini, akses masyarakat dalam mengelola hutan kembali dibuka setelah sekian lama ditutup.

Hutan Desa (HD) pada prinsipnya adalah hutan negara yang dikelola oleh masyrakat dalam organisasi administratif perdesaan yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

Dalam rangka menyikapi peluang tersebut, dilakukan sosialisasi pembentukan Hutan Desa (HD) bertempat di kantor desa Mekar Jaya, Senin tanggal 12 November 2018 yang dimulai pukul 13.00 WIB. Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Kades Mekar Jaya beserta seluruh aparatur desa, Ketua BPD berserta anggota, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh agama, tokoh pemuda, pengurus LPHD desa Mekar Jaya dan warga masyarakat. Hadir sebagai narasumber: Ketua KPHP (Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi) unit V Natuna, Tri Soesilo Hadhi, S.Hut, Ari Widodo, S.Hut, Pak Arif dan Pak Supriadi (Inisiator Hutan Desa Mekar Jaya), Pokja Pengelolaan Hutan Sosial Jakarta.

Pada intinya dalam kegiatan sosialisasi dan verifikasi pengelolaan hutan desa tersebut menyepakati dan menyetujui pembentukan Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) yang nantinya akan mengelola hutan desa mekar jaya, bahwa wilayah hutan desa mekar jaya terdapat kebun masyarakat yang telah dikelola oleh masyarakat setempat selama bertahun-tahun secara turun temurun, kepala desa dan LPHD desa mekar jaya membuat keputusan kades dan perdes berkaitan dengan hutan desa.

“kita perlu mengambil langkah yang cerdas untuk menyikapi kebijakan tentang pengelolaan hutan desa ini sebagai kesempatan bagi kita semua selaku masyarakat desa. Kita amankan status hutan kita karena kita tidak tahu bagaimana kebijakan berikutnya nanti berkaitan dengan hutan. Jangan sampai kita hanya sebagai penonton dikemudian hari”. Ungkap M.Isa menguatkan usulan pembentukan LPHD desa Mekar Jaya di hadapan masyarakat yang hadir saat itu.

(Ahd-KIM Mekar Jaya)