MUSRENBANGDES 2020, DESA MEKAR JAYA TETAPKAN 5 SKALA PRIORITAS

Camat Bunguran Barat Buka Musrenbangdes Desa Mekar Jaya

DESA MEKAR JAYA-KIM Mekar Jaya.    Bertempat di Balai pertemuan dusun 2 Sebuton desa Mekar Jaya, Selasa 15 Januari 2019 jam 08.00 WIB,  telah dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Tahun Anggaran 2020. Acara MUSRENBANGDES dihadiri oleh Camat Bunguran Barat, Kepala Desa Mekar Jaya beserta Perangkat, Ketua dan Anggota BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa,  PKK, RT/RW, Kepala Sekolah dan Tokoh Masyarakat/Agama serta Tokoh Pemuda.

Musrenbangdes ini merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga kemudian terjadi di level Kecamatan dan Kabupaten demikian pula di Provinsi dan Nasional. Musrenbang merupakan pendekatan “atas-bawah” di mana suara warga seharusnya bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran Kabupaten dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

MUSRENBANGDES desa Mekar Jaya untuk tahun anggaran 2020 yang merupakan amanah dari PERMENDAGRI No. 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa ini, dibuka langsung oleh Pak Bukhori selaku camat Bunguran Barat. Beliau sangat berharap MUSRENBANGDES ini menghasilkan skala prioritas dan harus terpenuhi di setiap OPD kabupaten Natuna untuk diperjuangkan lebih lanjut di setiap OPDnya. “Usahakan usulan-usulan dalam musrenbangdes ini masuk ke semua OPD, 5 skala prioritas diharapkan mewakili atau ada di setiap OPD Natuna”. Jelas beliau dalam sambutan pembukanya.

Sementara Muhammad Isa, kades desa Mekar Jaya sangat mengharapkan semoga apa yang diusulkan kali ini untuk tahun anggaran 2020 nanti bisa terealisasi sesuai dengan harapan masyrakat desa Mekar Jaya, sesuai dengan visi dan misi desa serta juga bisa mendukung terwujudnya visi misi kabupaten Natuna umumnya. “Rata-rata yang kita lihat usulan-usulan kita dari tahun ke tahun hampir sama, dikarenakan memang sebelumnya apa yang dihasilkan dari musrenbangdes ini tidak pernah terealisasi. Jadi besar harapan kami semoga untuk tahun 2020 nanti terealisasi minimal satu usulan” Ungkap kades Mekar Jaya yang baru 2 tahun menjabat tersebut. Diakhir sambutannya M.Isa juga mengajak seluruh masyarakat mendo’akan agar apa yang dihasilkan hari ini terealisasi dengan baik serta mengajak seluruh pihak secara bersama-sama memperjuangkannya sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Adapun 5 skala prioritas yang dihasilkan dari MUSRENBANGDES kali ini masih didominasi oleh pembangunan sarana dan prasarana yakni :

  1. Pembangunan aspal hotmix jalan Ibrahim Nur yang merupakan gerbang utama untuk masuk ke desa Mekar Jaya jalur darat
  2. Pembanguna Tower/ jaringan
  3. Rehabilitasi Ruang Kelas SDN No. 009 Mekar Jaya
  4. Pembangunan Posyandu Terpadu
  5. Mobil pengangkut sampah, untuk mensukseskan program desa Mekar Jaya bebas sampah 2020

(Ahd-kim.mj)