Pengesahan RAPBDes Desa Mekar Jaya Menjadi Perdes APBDes Desa Mekar Jaya Tahun 2019

DESA MEKAR JAYAKIM Mekar Jaya.    Badan Permusyarawatan Desa (BPD) desa Mekar Jaya kecamatan Bunguran Barat kabupaten Natuna hari ini bertempat di ruang rapat paripurna BPD, Rabu tanggal 06 Februari 2019 mengesahkan RAPBDes desa Mekar Jaya menjadi Peraturan Desa tentang APBDes desa Mekar Jaya tahun 2019 sebesar Rp 2.116.419.000,00

Rapat dipimpin langsung oleh ketua BPD desa Mekar Jaya Burjahidi dengan dihadiri seluruh anggota BPD, kepala desa beserta perangkatnya, ketua TPK, ketua PKK, kader BKR, pengurus Masjid, ketua POKDARWIS AIBA, ketua KIM Mekar Jaya, pengurus LPMD, karang taruna dan tokoh masyarakat.

Rapat yang dimulai sejak pukul 08.30 hingga pukul 12.00 tersebut diawali  dengan pembacaan draf RAPBDes 2019 yang dibacakan oleh Tarmizi selaku wakil BPD desa Mekar Jaya langsung ditanggapi oleh para undangan yang hadir hingga mengarahkan kepada diskusi. APBDes tahun 2019 ini merencanakan akan membiayai 50 item usulan dari masyarakat yang merupakan prioritas utama dan merupakan kebutuhan tahun ini yang terdiri dari pembangunan fisik dan beberapa bidang  pemberdayaan.

Masing-masing anggota BPD mempunyai hak untuk bertanya dan memberikan masukan seputar RAPBDes dan Pemerintah Desa memberikan penjelasan secara lengkap. Masukan-masukan dari BPD tentang perbaikan RAPBDes langsung dilakukan saat itu juga sehingga proses pengesahan menjadi lebih cepat. Dan akhirnya setelah proses revisi selesai dilakukan, forum pun mengesahkan RAPBDes menjadi Peraturan Desa Mekar Jaya  tentang APBDes Tahun 2019.

Kepala desa, Muhammad Isa dalam sambutannya mengungkapkan anggran tahun 2019 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Hingga dia mengharapkan apapun yang direncanakan semoga terealisasi dengan baik dan bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

“Patut kita syukuri bahwa tahun ini anggaran kita sedikit mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Namun demikian tidak semua usulan yang diusulkan masyarakat tercover semua mengingat masih banyak sekali pekerjaan yang harus kita selesaikan berkenaan dengan kebutuhan akan sarana dan prasarana di desa ini”. Papar M. Isa.

“Dengan pengesahan ini, diharapkan program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan pengelolaan keuangan dapat dilaksanakan dengan penuh amanah dan tanggung jawab. Selain itu, BPD diharapkan dapat mempelajari Sistem Keuangan Desa agar bisa memonitoring dan mengevaluasi penggunaan anggaran desa”. Harapan yang diungkapkan oleh salah seorang tokoh masyarakat.

Penandatanganan Perdes APBDes desa Mekar Jaya tahun 2019

Setelah disyahkan oleh ketua BPD, Peraturan Desa Mekar Jaya tentang APBDes 2019 langsung ditandatangani  dan  disusul oleh seluruh anggota BPD serta Kepala Desa disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir.

(Harjono)