Desa Mekar Jaya Lepas Sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebayar, Ranai

Pelepasan perdana sampah dari desa Mekar Jaya ke TPA

DESA MEKAR JAYAKIM Mekar Jaya.  Hari ini tanggal 05 Maret 2019 pukul 11.00 WIB, Desa Mekar Jaya melepas perdana sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) desa Mekar Jaya yang beralamat di Jl. Tg. Seringsing RT.02/RW.01 Dusun 01 desa Mekar Jaya kecamatan Bunguran Barat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebayar.

Dalam kegiatan tersebut hadir Dinas Liingkungan Hidup (DLH) kabupaten Natuna dalam hal ini diwakili oleh Kabid Persampahan, Trisnan Saputra, SP, Sekdes desa Mekar Jaya, Kadus, RW, RT dan KIM Mekar Jaya serta kader PHBS desa Mekar Jaya.

“Hari ini kami datang membawa truck sampah dengan tujuan mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan oleh masyarakat di TPS untuk kami bawa ke TPA Sebayar. Hal ini kami lakukan sebagai salah satu kewajiban kami sebagai Dinas Lingkungan Hidup Natuna dan juga dalam rangka mewujudkan Natuna bebas sampah serta sebagai reaksi atas kunjungan KIM Mekar Jaya ke kantor kami dalam hal persampahan”. Jelas Pak Trisnan yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kabid Persampahan di DLH kabupaten Natuna.

Pak Trisnan juga sangat mengapresiasi gerakan beberapa masyarakat yang telah peduli akan hal lingkungan, khususnya masalah sampah. Beliau juga berkomitmen untuk terus mengangkut sampah dari TPS Mekar Jaya ini ke TPA Sebayar yang berjarak lebih kurang 71 KM itu. Beliau juga menyarankan kepada desa Mekar Jaya melalui Sekdesnya agar menunjuk petugas yang khusus mengelola kegiatan ini agar lebih terkoordinir.

Dalam pertemuan singkat di kediaman Ahdiani tersebut, Sekdes Dursalim yang mewakili Kades Mekar Jaya yang hari ini tidak berada di desa karena menghadiri kegiatan rakor di Provinsi, menyampaikan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup yang telah merespon secara positif Program Desa Mekar jaya Bebas Sampah 2020. Lanjut Dursalim kembali mengapresiasi KIM Mekar Jaya yang telah bergerak dan menggerakkan beberapa masyarakat dan lembaga desa untuk ikut memperhatikan masalah lingkungan ini.

Sementara Ahdiani, sebagai ketua KIM Mekar Jaya juga mengucapkan terima kasih atas respon dari kunjungannya bersama dengan Harjono ke DLH Natuna kemaren yang langsung direspon satu hari setelahnya. Ini luar biasa ungkapnya.

“kami sangat berterimakasih kepada DLH Natuna, hal ini merupakan suplemen penyemangat bagi kami untuk terus bergerak dan menggerak hingga misi Mekar Jaya bebas sampah terwujud”. Ungkap Ahdiani. Lebih lanjut dia juga menerangkan bahwa dalam kapasitasnya, KIM Mekar Jaya berusaha memberikan informasi berkenaan dengan sistem pengelolaan sampah yang hari ini dianggap sepele oleh sebagian masyarakat sedangkan dampaknya luar biasa melalui aksi nyata mulai dari pengadaan tong sampahnya hingga mengangkut sendiri sampah dari tong ke TPS.

Terakhir semua yang hadir dari aparatur desa, kader PHBS dan beberapa masyarakat ikut bersama mengangkat sampah yang diperkirakan sekitar 7 kubik itu ke truck untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebayar.