Upaya Bangkitkan Budaya Daerah, Masyarakat Mekar Jaya Ingin bangun Sanggar Seni

DESA MEKAR JAYAKIM Mekar Jaya.  Musik tradisional merupakan musik yang memiliki ciri khas dan keunikan, yang ada sejak zaman dahulu yang diwarisi secara turun temurun dan menjadi tradisi masyarakat setempat pada saat perhelatan pernikahan,  acara hiburan untuk masyarakat dan sebagai upacara penyambutan tamu. Natuna  mayoritas berpenduduk  Melayu yang memiliki berbagai macam musik tradisional salah satunya adalah musik gambus.

Tidak terlepas desa Mekar Jaya yang merupakan salah satu desa yang ada di pulau Bunguran ini, dahulunya banyak berkembang budaya tradisional melayu. Hinggia hari ini para tokohnya masih ada. Namun berkembang pesatnya musik modern dan kurangnya minat generasi muda untuk melestarikan budaya ini, perlahan mulai hilang dan semakin tidak diminati oleh masyarakat.

Prihatin akan keadaan ini, masyarakat Mekar Jaya, seperti Ahdiani, Harjono, Bujang Ismail dan beberapa tokoh masyarakat lainnya berniat ingin membangkitkan kembali budaya yang telah lama hilang khususnya di desa Mekar Jaya ini.  Sebagai langkah awal meraka mengumpulkan kembali para pemain senior untuk mendiskusikan hal ini. Alhasil, ide ini mendapat respon yang yang sangat baik hingga kaum muda.

Latihan Perdana Musik Gambus

Untuk kegiatan pertama, para penggerak desa Mekar Jaya meminta bantuan kepada tokoh Seniman Natuna yang lebih dikenal dengan sebutan Ki Bahjom Cs, seniman asal Pulau Tiga yang telah dinobatkan sebagai seniman Natuna untuk memberikan bimbingan awal untuk mengingatkan kembali mengenai musik gambus dan yang lainnya.

Selanjutnya ide untuk membangkitkan dan merawat budaya lokal ini yang juga mendapat dukungan dari kepala desa, dan akan sesegera mungkin untuk mendirikan sebuah sanggar seni sebagai tempat bernaung.

“Semoga harapan kita ini berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari semua pihak sebagai upaya melestarikan budaya, memperkenalkan kepada generasi kita serta bisa dijadikan pembelajaran bagi kita semua akan kebudayaan Melayu melalaui musik tradisional”. Harapan Muhamad Isa, Kades Mekar Jaya.

Latihan Tarian Zapin

Zkr