Pelepasan Siswa MTs Miftahunnajah Mekar Jaya Dibalut dengan Tablig Akbar Marhaban Ya Ramadhan

Siswa Kelas IX MTs Miftahunnajah Mekar Jaya Tahun Ajaran 2018-2019

DESA MEKAR JAYAKIM Mekar Jaya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan beberapa sekolah lainnya, Pelepasan siswa kelas IX MTs Miftahunnajah kali ini dilaksanakan tanpa diiringi dengan musik melainkan dikolaborasikan dengan kegiatan Tabliq Akbar dalam rangka menyambut bulan suci Romadhan yang tinggal 2 hari lagi.

Kegiatan yang dilaksanakan hari Jum’at (3/5/2019) pagi itu, dihadiri oleh Kepala Desa beserta aparatur desa, Babinsa Mekar Jaya, BPD, Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Pulau laut sebagai penceramah, Dewan pembina Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Miftahunnajah, Ketua pengurus Yayasan, Kepala MTs Miftahunnajah Mekar Jaya beserta majelis guru, Ketua komite sekolah,  tokoh agama, tokoh masyarakat, wali murid serta masyarakat desa Mekar Jaya.

Para undangan pelepasan siswa MTs Miftahunnajah

Acara sederhana itu diawali dengan Sholawat Nabi dan Dzikir pagi yang dipimpin langsung oleh Harjono, S.Pd selaku kepala MTs Miftahunnajah dengan harapan acara yang akan dilangsungkan diberi keberkahan dan kesejukan hati para siswa dan undangan.

Penampilan tarian persembahan

Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa pelepasan siswa kali ini akan diselingi dengan acara Tablig Akbar dengan mendatangkan Ust. Ibnul Abas, STH sebagai penceramah yang nantinya akan memberikan materi seputar Bulan Romadhon yang akan segera tiba. Semula MTs ini akan mendatangkan Ust. Kariman Ibrahim, pemilik pondok pesantren di Pekan Baru. Namun, karena dicancelnya tiket pesawatnya, beliau gagal ke Natuna.

Lebih lanjut Kepala MTs yang akrab dipanggil Jono itu juga mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh siswa kelas IX atas selesainya proses pendidikan yang diikuti selama di MTs Miftahunnajah ini serta berpesan agar mereka melanjutkan lagi ke jenjang yang lebih tinggi.

Kepala MTs Miftahunnajah

“Selamat kami ucapkan kepada siswa kelas IX yang telah menyelesaikan pendidikannya di MTs ini. Besar harapan kami kalian semua melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi hingga apa yang kalian cita-citakan tercapai”. Harap Jono.

Hal senada juga disampaikan oleh Ahdiani selaku ketua Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Miftahunnajah Mekar Jaya, Beliau mengucapkan selamat kepada 14 siswa yang hari ini akan dilepas oleh kepala madrasah. Ketua Yayasan juga memberikan motivasi kepada siswa untuk jangan takut untuk bermimpi, karena dengan mimpi kita akan memiliki visi yang jelas dan akan membangkitkan kita untuk keluar dari zona nyaman.

Ketua YASPI Miftahunnajah Mekar Jaya

“Kami juga mengucapkan selamat kepada 14 siswa yang lagi berbahagia saat ini. Pesan saya adalah kalian harus berani bermimpi dan jika sudah memiliki mimpi, maka kalian harus bertanggung jawab atas mimpi itu untuk mewujudkannya”. Ujar Ketua yayasan.

Ketua Yayasan juga mengapresiasi program yang sudah direncanakan dan dilaksanakan oleh Kepala Madrasah dan dewan guru dan akan terus berkomitmen untuk mendukung apapun program yang ada di MTs ini.

Sementara Kades Mekar Jaya dalam kesempatan sambutannya, mengagumi kinerja Kepala Madrasah dan dewan guru yang telah berhasil mendidik anak-anak di MTs ini. Hal ini terbukti dari penampilan para Hafizd dan Hafizdah serta Kultum yang disampaikan salah satu siswi bernama Dina Afriliya.

Kades Desa Mekar Jaya Memberikan Sambutan

“Sungguh ini merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat dalam kurun waktu 1 semerter saja kemampuan anak sudah sangat membanggakan dan mulai berkembang potensi para siswa dibawah bimbingan Harjono dan majelis guru. Sungguh kami sangat apresiasi ini”. Ungkap kades dengan penuh kekagumannya.

Babinsa Mekar Jaya, Azhar Tanjung yang menyempatkan diri hadir juga diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Beliau sangat bangga dengan sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerjanya ini khususnya MTs Miftahunnajah, walaupun dengan keterbatasan tenaga pengajar, namun bisa brbuat maksimal.

Babinsa Mekar Jaya, Serda Azhar Tanjung

“Kami sangat dukung dan berupaya untuk dapat memberikan bantuan melalui kegiatan sosial Kodim, Kemaren berbagai usulan yang disampaikan oleh Kepala Madrasah sudah saya sampaikan kepada pihak kodim, semoga apa yang kita usulkan itu terkabul”. Jelas Babinsa.

Dikesempatan terakhir, Ust. Ibnul Abas, STH diberikan waktu untuk menyampaikan Tablig Akbarnya dengan materi Kemuliaan Bulan Suci Ramadhan sekaligus membacakan do’a penutup.

Ust. Ibnul Abas, STH sedang menyampaikan Tablig Akbar

Diakhir acara, kepala Madrasah menyerahkan siswa kelas akhir tahun ajaran 2018-2019 kepada orang tua masing-masing dengan suasana yang penuh haru.

Foto bersama siswa kelas IX dengan majelis guru

Ahd