Khutbah Idul Fitri 1440 H Di Masjid Al-Ijtihad, Harjono Sampaikan Materi “Melestarikan Nilai Pendidikan Ramadhan”

Harjono, S.Pd.I Kepala MTs Miftahunnajah

DESA MEKAR JAYA – KIM Mekar Jaya. Sholat Idul Fitri 1440 H yang berlangsung di Masjid Al-Ijtihad Air Batang desa Mekar Jaya dimulai pukul 07.30 WIB. Sebagai khotib, Harjono, S.Pd.I sampaikan materi Melestarikan Nilai Pendidikan Ramadhan.

“Selama sebulan penuh kita telah menjalani proses pembudayaan melalui pendidikan Ramadhan dengan berpuasa, shalat, dzikir, doa, i’tikaf, berzakat, infak dan shadaqah, serta ibadah-ibadah lain” terangnya.

Dia berharap, semoga Allah menerima amal ibadah dan menjadikan kita dalam golongan orang-orang yang bertaqwa, orang-orang yang dijanjikan Allah mendapat kemenangan dan kesuksesan serta kita semua bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan yang akan datang.

“Setidaknya ada 4 nilai pendidikan ramadhan yang harus kita lestarikan, yang pertama, melanjutkan kebiasaan puasa dengan melakukan puasa-puasa sunnah salah satu diantaranya adalah puasa sunnah syawal 6 hari. Hal ini sebagai penyempurnaan ibadah wajib dan sebagai bukti diterimanya puasa ramadhan kita. Kedua, pertahankan Tilawatil/membaca Quran. Karena Al-Quran akan menjadi penyelamat di hari kiamat. Ketiga, pertahankan sholat berjamaah di masjid. Sholat berjamaah di masjid sebagai salah satu bukti orang beriman kepada Allah dan hari akhir. Dan yang keempat adalah lestarikan kepedulian kepada sesama terutama kepada anak yatim. Orang yang menyantuni anak yatim atau peduli kepada anak yatim akan bersama nabi Muhammad di syurga kelak”. Terang Jono lebih lanjut dalam khutbah singkatnya.

Di akhir khutbahnya, Kepala MTs Miftahunnajah itu juga mengajak semua jamaah untuk merendahkan diri di hadapan Allah, berdo’a dan munajat keharibaan-Nya dengan tulus hati.

Jno