Masyarakat Mekar Jaya Antusias Sambut Yachter Sail to Natuna 2019 di Desa Mekar Jaya

DESA MEKAR JAYA – KIM Mekar Jaya. Rombongan Turis Mancanegara dari 7 negara yang merupakan peserta kapal yacht sail to Natuna 2019, berkunjung dan tiba di desa Mekar Jaya kecamatan Bunguran Barat Natuna kepulauan riau dalam rangkaian acara City Tour, Sabtu (15/6/2019) pukul 12.30 WIB yang didampingi dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Natuna.

Kedatangan mereka disambut antusias oleh seluruh masyarakat mekar jaya yang dipimpin langsung oleh kades mekar jaya didampingi oleh ketua pokdarwis air batang. Turut hadir dalam penyambutan adalah babinsa mekar jaya, serda Azhar Tanjung dan bhabinkamtibmas mekar jaya.

27 turis mancanegara tersebut disambut dengan silat tradisional melayu dan tarian persembahan yang merupakan adat istiadat setempat dalam menyambut tamu kehormatan dan istimewa di desanya. Sambil menikmati minuman welcome drink yang sengaja disiapkan oleh pokdarwis aiba berupa minuman tradisional yaitu minuman yang diolah dari daun kopi, mereka tampak senang dan bahagia menyaksikan tarian persembahan sambil menggerak-gerakkan badan dan anggota tubuh lainnya terhanyut oleh gerakan cantik dan alunan musik pengiring tarian warisan budaya lokal.

Bukan hanya itu, desa Mekar Jaya juga mempersembahkan tarian tradional lainnya yaitu tarian zapin melayu yang beranggotakan 16 penari. Dan mereka ikut menari bersama dengan riang gembiranya sambil berusaha mengikuti gerakan para penari.

Salah seorang turis asal Autralia kepada KIM Mekar Jaya mengungkapkan kebahagiaan yang luar biasanya ketika berada di desa ini

“Saya sudah berkunjung ke beberapa daerah di Asia dan saya senang dan suka di sini, suasana damai dan masyarakatnya sangat bersahabat serta tidak ada sampah plastik yang nampak. Ini sangat luar biasa, apa lagi minuman daun kopinya” ucapnya, jika diartikan dalam bahasa Indonesia.

Selesai persembahan, masyarakat tampak berantusias dan asyik berfoto bersama turis mancanegara terbut yang merupkan turis pertama yang sampai ke desa Mekar Jaya sambil bercakap-bercakap seadanya karena memang masing-masing agak kesulitan memahami bahasa.

Turis mancanegara menikmati menu Crab Resto Wisata Mangrove Air Batang

Puas berfoto di area publik desa Mekar Jaya, rombongan digiring berjalan kaki lebih kurang 300 meter menuju ke Crab Resto yang berada di area Objek Wisata Mangrove Air Batang untuk menyantap menu makan siangnya. Mereka tampak sangat suka dan menikmati masakan saos asam manis kepiting bakau dilengkapi dengan onion ring serta minuman segar kelapa muda di sudut-sudut gazebo crab resto.

Agenda terakhir di Mekar Jaya adalah mengelilingi desa hingga sampai ke dusun 2 Sebuton, pemukiman terapung. Di sana mereka bertemu nelayan tangkap kepiting bakau dan melihat langsung serta berswafoto dengan memegang kepiting yang berukuran lebih dari 1 kg.

Ahd