Semangat World Cleanup Day 2019, Warga Mekar Jaya Gelar Aksi Pungut Sampah

DESA MEKAR JAYA – KIM Mekar Jaya. Kebersihan lingkungan adalah tanggung bersama dan memang harus menjadi budaya dalam berkehidupan sehari-hari. Kampanye anti sampah plastik terus didengungkan oleh semua orang dan komunitas-komunitas yang perduli akan dampak limbah yang tidak terurai ini, tidak terkecuali pemerintah desa Mekar Jaya kecamatan Bunguran barat kabupaten Natuna Kepulauan Riau.

World Cleanup Day tanggal 21 September 2019 yang jatuh pada hari Sabtu ini, dibawah koordinasi team WCD desa Mekar Jaya, ratusan warga desa Mekar Jaya bergerak bersama membersihkan lingkungan desa Mekar Jaya dan sepanjang jalan desa hingga ke gang-gang.

Seperti diungkapkan oleh leader team WCD desa Mekar Jaya dibawah koordinasi core team kabupaten Natuna, M. Yusuf mengatakan bahwa kegiatan bersih hari ini disejalankan dengan hari bersih sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 September.

“WCD  tahun 2019 ini merupakan tahun pertama kita lakukan di desa Mekar Jaya, semoga dengan momentum WCD yang melibatkan 157 negara, 34 provinsi dan 13 juta relawan ini menjadikan warga Mekar Jaya khususnya sadar betul akan dampak plastik bagi kehidupan dan tentunya bisa menjadi budaya untuk lebih bijak terhadap pemanfaatan plastik” jelas Yusuf.

Hal senada juga disampaikan oleh Azhar Tanjung, Babinsa desa Mekar Jaya yang juga hadir bersama dalam aksi pungut sampah, “Saya sangat berharap dengan momentum wcd ini warga mekar jaya lebih bersemangat untuk menjaga lingkungan demi kenyamanan bersama dan berharap tahun depan acaranya lebih hebat lagi dan bisa melibatkan masyarakat lebih banyak lagi”.

Apresiasi yang luar biasa disampaikan oleh kepala desa yang hadir bersama aparatur desa dan lembaga-lembaga desa mendukung kegiatan yang digagas oleh team wcd mekar jaya.

“Kami atas nama pemerintah desa sangat berterimakasih atas inisitif dan aksi yang digelar hari ini tentu untuk mewujudkan desa bebas sampah. Kami berjanji akan terus suport kegiatan-kegiatan serupa kedepannya serta mengapresiasi team wcd mekar jaya. Insyaa Allah tahun depan kita kemas semaksimal mungkin hingga bisa menarik perhatian semua warga untuk bisa terlibat”. Tutur kades dalam pembukaan kegiatan aksi wcd 2019 ini.

kegiatan hari ini diikuti oleh pemerintah desa, Babinsa, BPD, MTs Miftahunnajah, SDN 009 Mekar Jaya, tim desa sehat dan lembaga-lembaga desa serta masyarakat. kepada Kelompok Informasi Masyarakat, leader team menyampaikan setidaknya ada 158 orang terlibat aksi pungut sampah dan terkumpul 245 kg sampah plastik serta sudah dikumpulkan ke Tempat Pembuangan Sementara. (21/09/2019)