Yes… Jaringan 4G XL Axiata Hadir di Desa Mekar Jaya

DESA MEKAR JAYA-KIM Mekar Jaya. Masyarakat desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat Kabupaten Natuna saat ini sedang bergembira. Hal ini karena hadirnya jaringan 4G XL Axiata yang memang selama ini menjadi impian agar bisa berkomunikasi dengan dunia luar lewat jaringan internet.

Sejak kemaren sore, Selasa 29 Oktober 2019, BTS USO XL Axiata sudah diaktifkan oleh pihak operator walaupun masih uji coba namun sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Raja Darmika, Kadiskominfo yang dihubungi vidio call via WhatsApp  oleh ketua KIM Mekar Jaya juga mengungkapkan kegembiraan dan harapannya atas aktifnya jaringan ini.

“Alhamdulillah kita semua patut bersyukur karena perjuangan kita membuahkan hasil dan ini juga merupakan dukungan nyata kominfo kepada KIM Mekar Jaya yang sudah aktif berkontribusi dalam mengangkat potensi desa melalui pemanfaatan media informasi walaupun dengan jaringan yang terbatas sebelumnya. Semoga dengan jaringan 4G ini menjadikan KIM dan POKDARWIS yang ada di desa Meka Jaya bertambah giat dan semangat serta diharapkan juga bisa mendukung pengembangan desa wisata Mekar Jaya”. Tutur kadiskominfo  via WhatsApp.

Ungkapan kegembiraan juga keluar dari Muhamad Isa, Kades Mekar Jaya yang memang selama ini menunggu aktifnya BTS USO yang sudah dibangun sejak tanggal 2 Juli 2019 lalu.

“Jujur saya sangat gembira dan kaget, karena semula dikabarkan jaringan BTS ini hanya 2G namun ketika diaktifkan ternyata 4G, luar biasa. Atas nama pemerintah desa Mekar Jaya, kami mengucapkan terimakasih yang luar biasa kepada Bakti Kominfo, Kadiskominfo dan pihak Operator XL Axiata atas jaringan yang sangat mewah bagi kami ini”. Ungkap kades yang akrab dipanggil Isa.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Desa, Dursalim. “Setelah sekian lama menunggu, alhamdulillah sekarang kami menikmati jaringan 4G yang selama ini kami impikan dan tentu hal ini sangat mendukung aktifitas pemerintahan desa yang kita tau saat ini segala sesuatunya sudah serba online”.

Ahdiani, ketua Kelompok Informasi Masyarakat Mekar Jaya juga sangat gembira dengan jaringan 4G ini. Beliau mengungkapkan dengan hadirnya jaringan ini tentu akan ada perubahan sosial budaya di desa Mekar Jaya ini. Tugas berat berikutnya adalah bagaimana melakukan kegiatan Litrasi informasi secara maksimal agar pemanfaatan internet tidak disalah gunakan oleh masyarakat dan bisa dimanfaatkan secara positif dan cerdas oleh masyarakat untuk menuju peradaban yang lebih baik.

Kim-mj