Bantuan BAKTI Kominfo, Pancarkan Harapan Baru Desa Mekar Jaya

Vsat Kantor Desa Mekar Jaya

DESA MEKAR JAYAKIM Mekar Jaya. Bertahun-tahun jaringan telekomunikasi di desa Mekar Jaya memang menjadi masalah yang sangat besar terutama bagi pemerintah desa dan sekolah-sekolah yang ada mengingat system yang serba online saat ini. Mungkin sudah biasa bagi masyarakat setiap harinya namun menjadi luar biasa ketika saat-saat tertentu seperti sekolah harus mengupdate data sekolah dan pemerintah desa sendiri harus mengirim data dengan cepat.

Bagi warga desa di masa kini, sinyal merupakan hal penting yang wajib dimiliki. Desa-desa yang sudah tersentuh sinyal dan akses internet mampu mengembangkan dirinya dengan lebih baik. Dengan adanya akses komunikasi dan jaringan internet yang baik, desa dapat mencari berbagai informasi di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan, pendidikan, pariwisata, dan banyak hal lainnya. Bidang ekomoni pun dapat berkembang.

Alhamdulillah sejak Agustus 2019 lalu dua unit bantuan internet terpasang di kantor desa Mekar Jaya dan MTs Miftahunnajah juga BTS USO 4G XL Axiata yang merupakan bantuan dari BAKTI Kominfo, tentunya banyak memberikan harapan baru bagi masyarakat untuk menjadikan desanya lebih baik dan dikenal dan juga bisa memunculkan potensi yang ada. Bantuan ini tentu menjadi sesuatu yang berharga bagi pemerintah desa, sekolah dan masyarakat terutama Kelompok Informasi  Masyarakat yang mulai berkembang untuk menumbuhkan pemahaman akan manfaat informasi bagi peradaban desa.

BTS USO 4G XL Axiata Desa Mekar Jaya

Raja Darmika, Kadiskominfo kabupaten Natuna juga bersyukur atas bantuan yang diberikan BAKTI Kominfo yakni 2 unit VSAT dan BTS USO yang jaringannya 4G serta berharap akan maksimalnya pemanfaatan atas bantuan yang diberikan ke desa Mekar Jaya.

“Harapan saya, akses internet melalui seluler dan Vsat (satelit) dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonominya. Gunakan paket internet untuk hal-hal yang positif sebagai sarana belajar untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan, malah kalau bisa mendatangkan tambahan penghasilan”. Harap Kadiskominfo yang diugkapkan via whatsapp kepada kim mekar jaya.

Lebih lanjut Beliau juga menaruh harapan yang sangat besar kepada Kelompok Informasi Masyarakat Mekar Jaya bisa menjadi motor penggerak dalam hal memberikan pemahaman akan pentingnya informasi untuk meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik dengan mengembangkan potesnsi desa yang ada melalui pemanfaatan dunia informasi.

Sebagai ketua Kelompok Informasi Masyarakat, Ahdiani juga mengaharapkan hal yang hampir  sama, dengan adanya program  Bakti Kominfo, desa Mekar Jaya yang dulu terisolasi, kini telah terkoneksi dan diharapkan lebih terbuka. Nawacita pun tak hanya berhenti sebagai jargon, tapi benar-benar terealisasi. Membangun Indonesia dari pinggiran benar-benar diterapkan. Terimakasih BAKTI Kominfo…

“Kami membayangkan dimasa mendatang warga tidak hanya menjadikan internet sebagai sarana mencari hiburan. Tapi warga mampu menjadikan internet sebagai sarana untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi desa. Sehingga kelak desa ini mampu mengejar ketertinggalan dan justru berada di barisan depan sebagai desa unggulan. Semoga!”. Harap ketua KIM untuk selanjutnya juga diharapkan peran BAKTI Kominfo agar bisa membantu edukasi informasi kepada masyarakat agar pemanfaatannya positif dan produktif.

Pemerintah desa Mekar Jaya juga mulai merasakan manfaat bantuan vsat yang di pasang di kantor desa sejak beberapa bulan lalu. Dimana sekarang dalam hal pengiriman informasi menjadi lebih mudah dan sangat menunjang dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Vsat yang dipasang di kantor desa sangat bermanfaat bagi kami khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan terutama sangat menunjang e-planing dimana untuk tahun 2020 desa Mekar Jaya sudah harus menggunakan e-planing. Kami juga mengharapkan semoga jaringan yang ada saat ini stabil dan kalau bisa kapasitasnya ditambah mengingat tingginya kebutuhan akan jaringan internet bagi pemerintah desa dan masyarakat”. Ujar Dursalim, Sekdes desa Mekar jaya.

Vsat MTs Miftahunnajah

Penerima manfaat vsat lainnya adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahunnajah. Dimana mereka sangat merasakan manfaat kemudahan dalam berinternet seperti diungkapkan oleh Kepala Madrasah, Harjono, S.Pd.I. “Manfaat utama yang kami rasakan adalah terbantunya MTs dalam mengerjakan tugas secara online, mudahnya mendapatkan informasi dan komunikasi untuk sumber belajar bagi siswa, dan bisa dijadikan sumber dan media belajar bagi siswa serta terhubungnya mereka dengan rumah belajar kemdikbud”.

Lebih jauh harapan juga disampaikan kepala Madrasah semoga kedepan juga ada sosialisasi tentang internet sehat bagi siswa dalam memaksimalkan jaringan yang sudah ada…