KIM Mekar Jaya Perkenalkan Ecobrick Kepada Pelajar

(KIM Mekar Jaya). Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat Mekar Jaya perkenalkan Ecobrick sebagai salah satu solusi kurangi sampah plastik di desa Mekar Jaya kecamatan Bunguran Barat Natuna. Kegiatan ini disampaikan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Taman Ilmu desa Mekar Jaya, Sabtu 14 Maret 2020.

“Sampah plastik memang hal yang kita anggap biasa namun bisa berdampak luar biasa bagi kenyamanan lingkungan kita dan jumlahnya terus meningkat di desa kita”. Jelas Zakaria, pengurus KIM Mekar Jaya yang membidangi distribusi informasi saat menyampaikan materi ecobrick.

Lebih lanjut dijelaskan metode mengatasi sampah dengan ecobrick sangat ekonomis dan mudah karena hanya berbahan limbah botol, plastik bekas dan kayu untuk memadatkannya. Cara yang sederhana memungkinkan kita semua untuk membuatnya. Tujuan utama dari ecobrick adalah meningkatkan kesadaran ekologis dan memampukan masyarakat untuk mengolah sampah plastik secara bijak dan tepat sasaran.

Menggandeng TBM Taman Ilmu di sela acara nonton bareng ini merupakan salah satu program Kelompok Informasi Masyarakat Mekar Jaya sebagai upaya menginformasikan dan menginspirasi masyarakat agar memiliki pola fikir, pola sikap dan pola tindak masyarakat informatif yang sesuai dengan cita-cita masyarakat dalam berdesa khususnya terkait menyikapi masalah sampah.

Di depan puluhan warga belajar dan pengurus TBM Taman Ilmu yang hadir, KIM Mekar Jaya bukan hanya menginformasikan melainkan menyatakan komitmennya untuk siap menampung ecobrick yang nantinya dihasilkan oleh masyarakat. (Ahdi)